Sunday, October 16, 2011

Mesin Jahit


Mengambil keputusan untuk membeli mesin jahit memang bukan perkara mudah.Sebelum membeli mesin jahit alangkah baiknya dilakukan dahulu survey/riset guna mendapatkan informasi untuk mendukung keputusan tersebut. Sumber informasi tersebut, antara lain:
Internet: hampir semua fabrikan mesin jahit sekarang telah mempunyai website,informasi yang tersedia biasanya berupa tipe-tipe mesin jahit yang mereka produksi lengkap dengan tujuan penggunaannya ( mis: untuk menjahit, membordir, quilting), fitur2 yang dimiliki mesin jahit tersebut ,harga, review pemakai. Selain website fabrik, informasi juga diperoleh dari blog, grup, majalah, toko mesin jahit.

    Secara garis besar ada dua grup pertanyaan yang bisa menjadi patokan sebelum kita membeli mesin jahit, yaitu:
    A. Pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pemakainya, apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pemakai terhadap mesin jahit yang akan di beli, yaitu sbb: 
  1. Apa yang akan kita jahit? ( mis: pakaian, tas, quilting, hiasan rumah, dll)
  2. Seberapa besar ketertarikan saya untuk menggunakan mesin  untuk keperluan tertentu secara khusus, misal untuk membordir, untuk quilting
  3. Adakah jenis penggunaan lain yang ingin kita kembangkan dengan mesin tersebut ( mis untuk quilting, menjahit sarung sofa, gorden, dll)
  4. Apa rencana kita terhadap mesin yang akan dibeli ( apakah untuk investasi jangka panjang atau untuk pemakaian seperlunya)
  5. Berapa jumlah dana yang dialokasikan untuk mesin jahit
  6. Fitur apa yang paling penting
  7. Asesoris apa yang esensial/penting 
    B. Pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan mesin jahit:
    1. Fitur2 khusus apa yang dimiliki mesin jahit tersebut sehingga lebih unggul dibandingkan mesin jahit merk lain dengan hrg yang relatif sama?
    2. Berapa jumlah jahitan yang dimiliki mesin tersebut
    3. Asesoris yang diberikan untuk setiap pembelian mesin
    Asesoris standard mesin jahit
    Asesoris standar mesin quilting
    4. Pilihan asesoris tambahan
    5. Garansi
    6. Perbaikan, siapa yang akan melakukan (pembeli yang harus mengirim langsung ke fabrik atau toko yang akan melakukan perbaikan), berapa lama
    7. Apakah ada kursus gratis untuk mengetahui pemakain mesin termasuk dalam harga mesin
    8. Bagaimana kualitas jahitannya
    9.Apakah kita akan tetap suka dengan mesin tersebut setelah jangka waktu yang lama
    10. Apakah ukuran mesin jahit sesuai dengan luas tempat yang kita miliki
    11. Khusus utuk quilting: apakah luas meja kerjanya cukup untuk kebutuhan kita, yang menentukan ukuran quilt yang akan kita quilting, apakah feed dogs nya bisa diturunkan terutama untuk free motion quilting.
Jawaban-jawaban diatas dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan untuk membeli mesin jahit yang tersedia dipasaran sesuai dengan dana yang kita miliki. Lebih baik menabung dulu kalau memang untuk investasi jangka panjang......

Mesin Jahit Quilting



Mesin Jahit Untuk Patchwork dan Quilting
       Apabila mesin jahit hanya akan digunakan untuk piecing (menyambung potongan kain/patch) atau quilting lurus, mesin jahit sederhana sudah bisa memenuhi fungsi ini.Untuk quilting lurus bisa  dilakukan dengan mengganti sepatu(foot) mesin jahit dengan walking foot.  Hal ini akan berbeda kalau kita akan menggunakan mesin tersebut untuk quilting free motion. Pada free motion quilting umumnya kita akan bekerja pada kecepatan jahit yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan mesin jahit yang bisa diatur kecepatannya dari rendah sampai tinggi. Sebagian besar mesin jahit rumah tangga biasa  tidak bisa digunakan pada kecepatan rendah. Mesin cenderung diam dan apabila tekanan pada pedal ditambah akan langsung menjahit dengan cepat (pada free motion quilting, quilter yang akan menggerakkan kain, bukan feed dog), hal ini akan menyebabkan lebar jahitan tidak akan sama dan akan menimbulkan rasa frustasi. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan mesin jahit khusus quilting.  Mesin quilting tersebut tidak harus keluaran terbaru. Banyak mesin quilting model lama sudah cukup bagus fitur dan kualitasnya.



Beberapa fitur mendasar di bawah ini sebaiknya dimiliki oleh mesin jahit quilting:
  1. Fitur menjahit lurus ke depan dan menjahit mundur (reversed stitches)
  2. Permukaan tambahan yang luas untuk menjahit (extended table), terutama untuk quilt ukuran relatif besar misan queen, king.
  3. Speed regulator. Motor dengan pengaturan kecepatan yang baik, untuk kecepatan tinggi dan kecepatan rendah. Ini salah satu fitur yang paling mendasar. 
  4. Beberapa sepatu khusus seperti, ¼” foot (untuk menyambung/piecing), darning foot (quilting free motion), walking foot ( quilting berupa garis lurus dan atau quilting di sambungan potongan kain /in the ditch)




1/4 inch Foot

Walking foot

Darning Foot
Contoh Free Motion Quilting



Secara garis besar mesin jahit quilting terdiri dari:
  • Home  machine quilting (Manual dan Computerize)
  • Long Arm Machine Quilting
Contoh mesin quilting rumah tangga

File:LongarmQuilting.jpg

Contoh Long Arm Machine Quilting
Sumber foto : Wikipedia



Mesin jahit keluaran terbaru saat ini juga menawarkan fitur-fitur yang sangat memudahkan kita dalam quilting, seperti:
  1. Needle down. Fitur ini memastikan jarum akan berhenti pada posisi turun saat kita berhenti menjahit. Dengan menggunakan fitur ini, kita akan mendapatkan jahitan yang lurus dan rapi saat kembali mulai menjahit. Gunakan fitur ini baik pada saat menjahit
  2. Auto knot. Fitur ini secara otomatis membuat simpul pada awal dan akhir jahitan. Tidak seperti jahitan mundur (reversed stitches), simpul ini hanya terdiri dari jahitan rapat kecil-kecil yang memastikan jahitan tidak akan terurai.
  3. Electronic motor and control. Fitur ini memastikan keakuratan setiap jahitan. Dengan fitur ini kita tidak perlu memutar handwheel untuk memulai jahitan. Sedikit saja pijakan pada pedal sudah dapat menaikkan atau menurunkan jarum.
  4. Indikator benang sekoci. Indikator akan memperingatkan kita apabila benang pada sekoci tinggal sedikit. Hal ini sangat membantu menghindarkan kita mengalami kehabisan benang sekoci tepat pada bagian-bagian sulit suatu desain quilting.
  5. Automatic presser foot pressure control. Fitur ini mengatur tekanan pada kain terhadap gerigi mesin secara otomatis. Hal ini sangat berguna sehingga kita tidak perlu melakukan penyesuaian tekanan lagi saat akan menjahit kain perca dan pada saat memulai tahap quilting di mana ketebalan kain tentu saja sangat berbeda.
  6. Drop feed dogs. Fitur ini sangat bermanfaat untuk free-motion quilting. Untuk mencegah kain tersangkut feed dog bagi mesin yang tidak mempunyai fitur ini, feed dog bisa ditutup dengan cover plastik yang sesuai mesin jahit tersebut. Feed dog adalah bagian dari mesin jahit yang berupa gerigi-gerigi yang berfungsi untuk menggerakkan kain saat kita menjahit atau quilting lurus. Sedangkan pada free motion quilting, yang menggerakkan kain adalah quilter. 




    Contoh penutup feed dog


    Contoh pemasangan penutup feed dog





    Bagian dari Free Arm Sewing Machine yang bisa dilepas

    Free Arm Sewing Machine

    Yang dimaksud dengan free arm sewing machine adalah mesin yang mempunyai kompartemen dibawah mesin yang bisa dilepas atau diturunkan  sehingga kita bisa menjahit ujung celana, lengan baju, dll dengan mudah.


    Hampir sebagian besar mesin yang diproduksi saat ini berupa mesin jahit portable.
Merk dan Jenis Mesin Jahit
Beberapa mesin jahit yang bagus untuk quilting dan tersedia di indonesia adalah:
Janome: 6125 QC,6260 QC
Singer: 7439

Kepanjangan dari beberapa kode yang kita temui pada tipe mesin jahit:
S: sewing
Q/QC : Quilting/quilting companion
DC: Decorative
MC: Memory Craft
P : Professional

Toko mesin jahit:
- Aneka Mesin Jahit

Jl.Pangeran Jayakarta 14 / 8 Jakarta Pusat 

Phone: (021) 6298525 - 6298526 - 6247191
Fax : (021) 6252728
Service & Parts : (021)6590709
Hotline : (021) 0816804121
www.anekamesinjahit.com


-New Simpati

Jl. Bukit Gading Raya D/19-20,
Komplek Gading Bukit Indah ( G.B.I)
Jakarta 14240 Indonesia
Telp: 62-21-4517048, 4513727
Fax;  62-21-4513232
www.newsimpati.com

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, hubungi dulu beberapa toko dan tanyakan asesoris, pelayanan purna jual yang mereka sediakan.

Menggunakan mesin jahit.
Mesin jahit yang berfungsi baik sangat diperlukan apabila kita ingin membuat sebuah quilt. Sebelum mulai menjahit, disarankan mengganti jarum mesin dengan jarum yang baru demi mendapatkan hasil yang baik dan jahitan yang rapi. Jangan lupa untuk membersihkan mesin dengan menggunakan sikat kecil, terutama pada bagian gerigi mesin (feed dogs) dan rumah sekoci (bobbin case) dari sisa-sisa benang. Periksa di buku manual mesin jahit informasi mengenai cara meminyaki mesin jahit. Pada beberapa mesin jahit model baru hanya sedikit bagian mesin saja yang perlu diminyaki, tetapi mesin jahit model lama pada umumnya perlu diminyaki secara keseluruhan.
Beberapa hal di bawah ini adalah hal-hal dasar yang perlu diperhatikan saat mengoperasikan mesin jahit.
1. Pastikan benang atas dan benang sekoci berada di atas pada saat memulai jahitan. Hal ini akan menghindarkan kita dari masalah benang kusut dan tersangkut.
2. Sepatu selalu dalam posisi terangkat pada saat memasang benang pada mesin. Jika tidak, maka benang akan tersangkut pada piringan pengatur tegangan (tension disks).
3. Turunkan sepatu sebelum mulai menjahit.
4. Gunakan benang dengan ukuran dan jenis yang sama untuk benang atas dan sekoci. Dengan demikian hasil jahitan akan baik dan rapi seperti yang kita harapkan.
5. Selalu gunakan jarum baru untuk setiap proyek quilting. Ukuran jarun yang dipakai sebaiknya 14/90 jarum universal atau 14/90 jarum quilting.


Jarum Quilting


    Happy quilting!

    Sumber:
    This entry was posted in .
    Reactions:

    2 comments:

    1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
      nikmatilah hidupmu agar kamu tidak merasa bosan dalam setiap keadaan.,.
      ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

      ReplyDelete
    2. harga mesin besar itu, kira" smp brp ya??
      truz,,beLi ny dmna..thanx :)

      ReplyDelete